Home » , » koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas Bisa Ggunakan Jakcard

koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas Bisa Ggunakan Jakcard

Written By Kartun Nol Tujuh on Senin, 25 Juni 2012 | 00.26

Bagi Anda penggemar setia bus Transjakarta, kini tak perlu repot lagi mencari uang receh untuk membeli tiket bus Transjakarta, karena mulai hari ini Bank DKI telah meluncurkan penggunaan kartu pintar JakCard untuk sistem tiket elektronik (e-ticketing). Penggunaan sistem ini dimulai untuk koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas, dan akan diperluas penggunaannya secara bertahap.

"Dengan kartu ini, pengguna bus Transjakarta akan lebih praktis dan cepat untuk dapat masuk dalam halte tanpa mengantre seperti pembelian tiket dengan uang tunai," ujar Eko Budiwiyono, Direktur Utama Bank DKI, saat peluncuran sistem tersebut di Pasar Festival Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/6).

Menurut Eko, untuk menggunakan kartu tersebut, pengguna JakCard cukup dengan mendekatkan kartunya di alat pembaca kartu yang terdapat pada
turnstile gate di halte Transjakarta. Setelah alat mendebet saldo yang ada di dalam kartu sesuai dengan tarif, turnstile gate akan terbuka kuncinya secara otomatis. "Tidak sulit dan sangat sederhana pemakaiannya. Namun manfaatnya cukup besar untuk mempersingkat waktu," tukasnya.

Meskipun telah mengeluarkan JakCard dengan sistem baru, Eko mengatakan, para pengguna JakCard lama tidak perlu khawatir. Karena kartu yang lama tetap dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran tiket di koridor lainnya yang belum memiliki fasilitas
 e-ticketing system. "Bagusnya segera ganti, karena dengan JakCard yang sekarang pengguna bukan hanya bisa menggunakannya di bus Transjakarta tapi juga moda transportasi lain seperti kereta Jabodetabek," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan mengatakan, sistem JakCard yang baru ini merupakan wujud nyata dari Bank DKI dalam menggunakan teknologi modern. "Sistem ini sangat membantu masyarakat sekaligus pemerintah di bidang transportasi massa. Mudah-mudahan akhir tahun ini seluruh koridor bus Transjakarta bisa terpasang alat tersebut," tambah Fajar.


JakCard sendiri dapat diperoleh di Bank DKI, 
merchant-merchant tertentu, serta koridor yang sudah memiliki fasilitas e-ticketing system. Saldo awal untuk kartu JakCard adalah Rp 20 ribu. Bagi pengguna JakCard yang ingin berpergian menggunakan bus Transjakarta dari pukul 05-07 pagi hanya akan dipotong Rp 2.000.
 
 
 
 
Reporter: rio
 
Sumber: beritajakarta.com


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RUKUN WARGA 07 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger